Home » Sosialisasi pengenalan prosedur HSE

Sosialisasi pengenalan prosedur HSE

  1.   Tujuan Dan Ruang   Lingkup

Prosedur ini   menguraikan tentang persyaratan untuk melakukan Induksi (Pengenalan HSE)   terkait dengan Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan Kerja bagi semua   karyawan TGI, para pengunjung, para karyawan kontraktor dan subkontraktor di   lingkungan organisasi TGI, kantor lapangan dan kantor pusat.

Prosedur ini   berlaku bagi semua Karyawan TGI yang ditugaskan baik di lapangan kerja,   Kantor Wilayah dan Kantor Pusat.     Kehadirannya dan keikutsertaannya di dalam program  Induksi (Pengenalan HSE) tidak membebaskan   masing-masing kepala departemen dari tanggung jawabnya untuk memberikan   pelatihan HSE secara terus menerus termasuk pelatihan di tempat kerja dan   pengenalan terhadap bahaya bagi bawahannya.

Karyawan yang   ditugaskan di lapangan-lapangan proyek wajib mengikuti program Induksi   (pengenalan HSE) terkait dengan HSE (Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan   Kerja) tambahan khusus.

  1.   Sasaran

Sasaran yang hendak   dicapai oleh prosedur ini adalah memastikan bahwa semua karyawan TGI, para   pengunjung / tamu dan yang ditugaskan untuk melaksanakan pekerjaan di   lingkungan TGI mempunyai pengetahuan dasar mengenai Kesehatan Kerja,   Keselamatan dan Lingkungan yang diperlukan agar dapat bekerja dengan aman.

  1.   Definisi

Pengunjung (Visitor) :  Setiap pihak ketiga  atau pihak eksternal yang diberi ijin untuk   memasuki bangunan-bangunan TGI atau tempat kerja.

 

  1.   Rujukan

4.1     Manual Sistem   Manajemen HSE TGI

4.2     UU RI No. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja, pasal 9,12, dan 13.

4.3     Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. PER-05/MEN/1996 tentang   sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

4.4     OHSAS 18001-2007   Occupational Health & Safety Management System

 

  1.   Tanggung Jawab

Adalah merupakan   tanggung jawab masing-masing Manajer Departemen ./ Kepala Departemen untuk   memastikan bahwa semua karyawannya mengikuti program Induksi (Pengenalan HSE)   terkait dengan Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan Kerja (HSE) sebelum   mulai bekerja di Kantor Korporat.

Bagian SDM wajib   untuk  mengkoordinasikan bersama HSE   Jadwal Induksi bagi karyawan baru secara teratur dan sewaktu-waktu   diperlukan.

  1.   Bahan Induksi   (Pengenalan HSE)

HSE wajib   meyiapkan paket pelatihan Induksi (pengenalan HSE) terkait dengan HSE   (Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan Kerja). Ini akan merupakan program 2   jam yang diadakan bagi karyawan-karyawan baru.   Silabus pelatihan adalah sebagaimana   terlampir.

Para karyawan   diwajibkan memahami bahaya di tempat kerjanya, program pengurangan risiko,   kepatuhan terhadap aturan-aturan dan peraturan-peraturan  terkait dengan HSE (Kesehatan, Keselamatan   dan Lingkungan Kerja), Tanggap terhadap keadaan Darurat dan Rencana Evakuasi,   serta tindakan-tindakan disiplin.

  1.   Catatan

Catatan kehadiran   harus disimpan di masing-masing Departemen dan salinannya disimpan di   Departemen HSE (Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan Kerja).

Prosedur Induksi Lengkap.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: